Minggu, 28 Oktober 2012

Penggolongan Bahan Galian Industri dan Cara Terbentuknya

Penggolongan bahan galian industri berdasarkan atas asosiasi dengan batuan tempat terdapatnya, dengan mengacu pada Tushadi dkk [1990, dalam Sukandarumidi, 1999] adalah sebagai berikut :

a.  Kelompok I : BGI yang berkaitan dengan Batuan Sedimen,
kelompok ini dapat dibagi menjadi :
- Sub Kelompok A : BGI yang berkaitan dengan batugamping : Batugamping, dolomit, kalsit, marmer, oniks, Posfat, rijang, dan gipsum.
- Sub Kelompok B : BGI yang berkaitan dengan batuan sedimen lainnya : bentonit, ballclay dan bondclay, fireclay, zeolit, diatomea, yodium, mangan, felspar.

b.  Kelompok II, BGI yang berkaitan dengan batuan gunung api : obsidian, perlit, pumice, tras, belerang, trakhit, kayu terkersikkan, opal, kalsedon, andesit dan basalt, paris gunung api, dan breksi pumice.

c.  Kelompok III, BGI yang berkaitan dengan intrusi plutonik batuan asam & ultra basa : granit dan granodiorit, gabro dan peridotit, alkali felspar, bauksit, mika, dan asbes

d.  Kelompok IV, BGI yang berkaitan dengan batuan endapan residu & endapan letakan : lempung, pasir kuarsa, intan, kaolin, zirkon, korundum, kelompok kalsedon, kuarsa kristal, dan sirtu

e.  Kelompok V, BGI yang berkaitan dengan proses perubahan hidrotermal : barit, gipsum, kaolin, talk, magnesit, pirofilit, toseki, oker, dan tawas.

f.  Kelompok VI, BGI yang berkaitan dengan batuan metamorf : kalsit, marmer, batusabak, kuarsit, grafit, mika dan wolastonit.

Anda sedang membaca artikel tentang Penggolongan Bahan Galian Industri dan Cara Terbentuknya dan anda bisa menemukan artikel Penggolongan Bahan Galian Industri dan Cara Terbentuknya ini dengan url http://ardhysyahputra88.blogspot.com/2012/10/penggolongan-bahan-galian-industri-dan.html,anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya jika artikel Penggolongan Bahan Galian Industri dan Cara Terbentuknya ini sangat bermanfaat bagi teman-teman anda,namun jangan lupa untuk meletakkan link Penggolongan Bahan Galian Industri dan Cara Terbentuknya sumbernya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar