Minggu, 28 Oktober 2012

Mengenal Sekilas Alat Ukur Theodolite


    Theodolite adalah alat ukur opstis untuk mengukur sudut vertikal dan horizontal, merupakan alat untuk meninjau dan merencanakan kerja.Untuk mengukur tempat yang tak dapat dijangkau dengan berjalan. Sekarang theodolite juga sudah digunakan untuk dalam bidang meteorologi dan teknologi peluncuran roket. Thedolite modern terdiri atas telsekop yang dapat dipindah-pindahkan terpasang dalam dua tegak lurus axes the horisontal atau trunnion poros, dan poros vertikal.

    Bacaan pada teleskop memungkinkan kesalahan pembacaan sudut dan bacaan jarak, dengan mengubah skrup penggerak halus, maka bacaan pada lensa obyektif akan semakin jelas sehingga dapat mengurangi kesalahan.

    Theodolite adalah alat yang dirancang untuk menentukan tinggi tanah pengukuran sudut yaitu suddut mendatar yang dinamakan dengan sudut horisontal dan sudut tegak yang dinamakan dengan sudut vertikal. Dimana sudut-sudut tersebut berperan dalam penentuan jarak mendatar dan jarak tegak diantara dua buah titik lapangan.

    Dalam Pekerjaan-pekerjaan ukur tanah, theodolite sering digunakan dalam pengukuran polygon, pemetaan situasi maupun pengamatan matahari. Dengan adanya teropog yang terdapat pada theodolite, maka theodolite bisa dibidikkan ke segala arah. Untuk pekerjaan-pekerjaan bangunan gedung theodolite sering digunaakan untuk menentukan sudut siku-siku pada perencanaan/pekerjaan pondasi, juga digunakan untuk mengukur ketinggian suatu bangunan bertingkat.

Anda sedang membaca artikel tentang Mengenal Sekilas Alat Ukur Theodolite dan anda bisa menemukan artikel Mengenal Sekilas Alat Ukur Theodolite ini dengan url http://ardhysyahputra88.blogspot.com/2012/10/mengenal-sekilas-alat-ukur-theodolite.html,anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya jika artikel Mengenal Sekilas Alat Ukur Theodolite ini sangat bermanfaat bagi teman-teman anda,namun jangan lupa untuk meletakkan link Mengenal Sekilas Alat Ukur Theodolite sumbernya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar